Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk
Air Terjun Sri Gethuk

  Air Terjun yang mengalir tak kenal musim di Sri Gethuk


Ia disebut-sebut mirip dengan sebuah tempat wisata populer di Amerika Serikat, Grand Canyon. Sama-sama berupa perpaduan antara tebing-tebing yang dibelah oleh sungai. Ia semakin memukau dengan keberadaan air terjun yang mengalir tak kenal musim. Mengalir melewati bebatuan cadas menuju Sungai Oya yang tenang.

Namanya Air Terjun Sri Gethuk. Terambil dari nama perangkat gamelan berupa kethuk. Dulu masyarakat setempat percaya, Jin bernama Anggo Meduro menyimpan kethuk miliknya di lokasi air terjun ini. Suara gemuruh air yang pecah ketika menyentuh bebatuan menjadi satu-satunya kebisingan, yang justru menimbulkan ketenangan. Anda bisa sekedar duduk atau menapaki bebatuan, menghirup udara segar, memanjakan mata dengan pemandangan hijau nan teduh, ditemani suara musik dari alam.


Air Terjun Sri Gethuk
Perjalanan Menuju Air Terjun Sri Gethuk. Foto Ig : @jurnaljarmo
Rasakan pula kesegaran air khas perbukitan dengan nyemplung ke kali. Anda bisa berbasah-basah di dekat air terjun atau mandi di sungai tersebut. Apabila ber-ramai-ramai, sungguh menyenangkan sekali bermain tubing bergandeng-gandengan.

Air Terjun Sri Gethuk
Akhirnya Nyemplung Juga di Sri Gethuk. Foto Ig : @hendra.mo
Ya, Air Terjun Sri Gethuk memang terhubung langsung dengan Sungai Oya. Melalui sungai ini pula-lah Anda bisa mencapai Sungai Oya dengan menggunakan rakit. Bagi yang merasa opsi ini terlalu ekstrim, Anda bisa trekking melalui jalur setapak. Manapun pilihannya, kedua-nya sama-sama menawarkan pemandangan yang membuat Anda berdecak kagum.

Air Terjun Sri Gethuk Berada di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kec Playen, Gunungkidul. Untuk mencapai Pantai Srigethuk, kamu bisa menggunakan alat tranportasi pribadi baik berupa sepeda, motor atau mobil. Jika malas naik mobil karena takut kehabisan bensin, kamu bisa cari rentalan atau sewa mobil di jogja yang berlimpah dan berharga murah. Tour wisata pantai di jogja, terutama di gunungkidul ini akan membuatmu basah namun hatimu akan menjadi cerah.

  • Jenis Lokasi : Sungai, Air Terjun
  • Wahana : Tubing, Waterfall,
  • Penginapan Terdekat : Ada
  • Fasilitas : Warung Makan, Toilet, Mushola, Pemandu
  • Tarif Masuk : Perorangan Rp. 3.000. Sewa Perahu Rp. 5.000. Sewa Ban Rp. 2.000
  • Area Parkir : Luas
  • Jam Buka : 08.00 - 16.00
  • Jarak tempuh : +/- 2 jam
  • Buat balita : tidak cocok

Peta Lokasi :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar