Air Terjun Sri Gethuk Yogyakarta

Share

Air Terjun yang mengalir tak kenal musim di Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk disebut-sebut mirip dengan sebuah tempat wisata populer di Amerika Serikat, Grand Canyon. Sama-sama berupa perpaduan antara tebing-tebing yang dibelah oleh sungai. Ia semakin memukau dengan keberadaan air terjun yang mengalir tak kenal musim. Mengalir melewati bebatuan cadas dan perbukitan karst menuju Sungai Oya yang tenang. Bedanya, disana kering kerontang dan jauh dari Indonesia, sedangkan Sri Gethuk dekat, cuman Jogja lantai II.

Air Terjun Sri Gethuk

Kok aneh namanya, Sri Gethuk? Ada hubungannya sama Gethuk?

Namanya Air Terjun Sri Gethuk. Terambil dari nama perangkat gamelan berupa kethuk. Dulu masyarakat setempat percaya, Jin bernama Anggo Meduro menyimpan kethuk miliknya di lokasi air terjun ini. Lalu bagaimana bisa jadi Sri Gethuk? udahlah gosah dipikirin ya. Yang jelas kamu kalo kesana akan mendapatkan ganjaran yang setimpal dari jauhnya perjalanan yang kamu lakuin.

Di sana, Suara gemuruh air yang pecah ketika menyentuh bebatuan menjadi satu-satunya kebisingan, yang justru menimbulkan ketenangan. Anda bisa sekedar duduk atau menapaki bebatuan, menghirup udara segar, memanjakan mata dengan pemandangan hijau nan teduh, ditemani suara musik dari alam.

Beningnya Air

Seorang wisatawan sedang mengukur kemampuannya menahan air. Ig @buayabuas

Bisa ngapain aja di  sana?

Kamu akan ditawari menaiki perahu, Lalu kamu akan dibawa melintasi aliran sungai tersebut menuju ke air terjun. Saat musim kering, air sedikit surut dan berwarna agak kehijauan. Tatkala musim penghujan air sedikit bertambah dan warnanya agak kecoklatan. Tapi gak papa sih, air sungai disini bersih, nggak kayak di kota yang penuh sampah.

Ketika sampai di air terjun, kamu bisa turun dari perahu untuk melakukan berbagai aktifitas di Sri gethuk, tetapi kami yakin, pasti kamu akan cari spot yang kamu anggap instagrammabel, lalu kemudian take action, jepret-jepret, upload….eh.. failed, ga ada sinyal. Rasakan pula kesegaran air khas perbukitan dengan nyemplung ke kali. Kamu bisa berbasah-basah di dekat air terjun atau mandi di sungai tersebut. Apabila ber-ramai-ramai, sungguh menyenangkan sekali bermain tubing bergandeng-gandengan. Jadi kamu bisa gandengan disini nggak cuman saat pacaran di Mall.

Video ini diambil saat para wisatawan selesai mengunjungi Air Terjun, Perahu yang digunakan cukup unik ya? Dan akhirnya perahu ini merapat ke Port of Sri Gethuk.

Perahu Sri Gethuk

Perahu Ke Air Terjun.

Kalo ngga brani naik perahu, Trus gimana?

Ya, Air Terjun ini memang terhubung langsung dengan Sungai Oya. Melalui sungai ini pula-lah Anda bisa mencapai Sungai Oya dengan menggunakan rakit. Bagi yang merasa opsi ini terlalu ekstrim, Anda bisa trekking melalui jalur setapak. Manapun pilihannya, kedua-nya sama-sama menawarkan pemandangan yang membuat Anda berdecak kagum. Atau anda bisa nongkrong saja di parkiran sambil pesan buah kelapa muda yang dibakar. Bisa anda lihat di instagram Travelisto Tours. Buah kelapa muda (degan) dibakar merupakan makanan khas yang disajikan oleh masyarakat setempat. Unik Juga ya?
Kelapa Muda Bakar

Kelapa Muda Bakar

Air Terjun Sri Getuk Berada di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kec Playen, Gunungkidul. Untuk mencapai tempat ini, kamu bisa menggunakan alat tranportasi pribadi baik berupa sepeda, motor atau mobil. Sebaiknya untuk pergi kesana adalah pada musim kemarau dimana air sungai tidak terlalu bercampur lumpur kecoklatan. Namun jangan khawatir, air yang terjun dari bukit ini tetaplah segar. Sesegar air kelapa muda yang dibakar.

Galeri Foto Sri Getuk

Berikut koleksi foto-foto yang kami rangkum dalam galeri sri gethuk.

 Informasi Harga tiket masuk dan wahana di Air terjun Sri Gethuk Jogja

Jenis LokasiSungai, Air Terjun
WahanaTubing, Naik Perahu Susur Sungai
FasilitasToilet, Mushola, Parkir, Warung Makan
PenginapanAda
Tarif Masuk3-5K
Tarif Sewa Perahu10-20K
Tarif Sewa Ban2-5K
Area Parkir5-10K/mobil. 15-30K/bus
Jam buka08.00-16.00
Jarak Tempuh+/- 2 jam
Buat BalitaNo

Untuk mencapai Air Terjun keren ini, Kamu bisa menggunakan alat tranportasi pribadi baik berupa sepeda, motor atau mobil. Jika kamu agak ragu mau naik becak kesana, lebih baik urungkan niatmu, mendingan kamu cari rental mobil di jogja yang ready stok. Tour wisata air terjun dan naik perahu di Gunungkidul ini tidak akan membuat kakimu galau dan hatimu pegal.

Peta Lokasi Air Terjun :

 

Berikan Penilaian untuk artikel ini!

Klik pada bintang untuk menilai!

Nilai Rata-rata / 5. Jumlah Penilai :

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *