Pantai Timang Jogja

 Jembatan Pantai Timang
Jembatan Pantai Timang.  Foto Ig : @moi.groningen

Naik Gondola Menuju Pulau Timang

Pantai Timang ini berada di dusun Danggolo, desa Purwodadi, kecamatan Tepus, kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Gunungkidul bagian selatan jajaran pantainya sangat luas dan banyak bermunculan obyek wisata pantai baru, baik yang dibangun oleh Pemerintah maupun Masyarakat setempat. Salah satu destinasi terbaik dari gugusan pantai di Gunung kidul ini adalah Pantai Timang. Berpasir putih dan berpagarkan karang-karang terjal disepanjang garis pantai.

Pantai timang ini terkenal akan ciri khasnya yakni Kereta Gantung (Gondola) dan Jembatan Gantung untuk menyeberang ke Pulau Timang di tengah laut. Pulau Timang ini merupakan bongkahan batu karang besar yang sangat curam di sekelilingnya. Butuh keberanian ekstra untuk naik Kereta Gantung ini, karena akan berjalan ditengah-tengah samudra dengan ombak yang ganas. Tarifnya relatif masih terjangaku, ongkos menyeberang saja kurang lebih Rp.150.000/orang. Nah kalau Jembatan Gantung ini sebenarnya solusi bagi yang takut naik kereta Gantung. Jembatan Gantung dibuat dari anyaman tambang senar dan di kaitkan dengan lempengan kayu sebagai alas. Sehingga wisatawan terasa hanya berjalan kaki biasa saja. Dan tarifnya jauh lebih kurang ketimbang kereta Gantung nya yakni kurang lebih Rp.100.000/ orang.

jembatan pantai timang
Jembatan Ke Pulau Timang yang sangat menantang adrenalin. Foto Ig : @yuliyantohery_1789

Tidak perlu khawatir karena jembatan ini sangat kokoh selain itu kita di lengkapi pengaman dengan tali dan ketika menyeberang akan ditemani oleh pemandu. Deburan ombak di bawah jembatan dan angin laut bertiup kencang akan membuat jembatan ini bergoyang-goyang namun disitulah sensasi adventure menyeberang jembatan di Pantai Timang ini. Kamu nggak akan pernah dapat petualangan yang sangat mendebarkan ini di tempat lain, Apalagi yang akan kamu pamerin ke teman-temanmu kecuali keberanianmu melintasi samudra yang membutuhkan adrenalin ganda ini?

Pantai Timang
Keindahan Pantai Timang. Foto Insta @pantai.jogja

Untuk bisa sampai Pantai Timang, kamu bisa menggunakan alat tranportasi pribadi baik berupa sepeda, motor atau mobil. Namun jalur ke Pantai ini medannya masih sangat sulit dicapai apalagi ketika hampir sampai di lokasi. Selepas dusun Danggolo jalannya masih berbatu sehingga warga masyarakat memanfaatkan situasi ini untuk mengais rejeki melalui jasa ojek dengan tarif kurang lebih Rp.30.000/org, Namun apabila pengunjung ingin menaiki kendaraannya sampai lokasi sebenarnya bisa saja namun butuh skill mengemudi yang bagus, akan tetapi tidak direkomendasikan oleh masyarakat setempat. Bagi yang sayang mobilnya takut kenapa-napa, mendingan naik ojek atau jeep wisata yang disediakan.

Jika dari Jogja kamu udah malas nyetir duluan, kamu bisa cari rentalan atau sewa mobil di jogja yang berlimpah dan berharga murah. Tour wisata pantai Timang di Jogja ini tidak akan membuatmu kecewa. Karena apa ? Di Timang ada kuliner yang tidak boleh dilewatkan yaitu, Lobster dan aneka hasil tangkapan laut lainnya. Disini kamu bisa makan Ikan laut, Cumi, Udang, Kepiting dan sebagainya. Kalau kamu beruntung, kamu bisa menikmati ikan Paco / Panco, Sebuah spesies ikan yang jarang ada dan sulit didapat. Ikan ini berduri biru. Kalau kamu pas dapat kesempatan makan ikan itu, Fotoin ya.
Pantai Timang
Sungguh sangat yummy. Foto Insta @timangbeach
  • Jenis Lokasi : Pantai, Adventure
  • Wahana : Jembatan dan Kereta Gantung, Jeep Wisata
  • Penginapan Terdekat : Tidak Ada
  • Fasilitas : Pemandu Lokal (asuransi?) Warun, Toilet, Parkir, Ojeg, Kuliner Seafood
  • Tarif Masuk : 100.000-200.000
  • Area Parkir : luas
  • Jam Buka : Hampir 24 jam
  • Jarak tempuh : +/- 1-2 jam
  • Buat balita : tidak cocok
Peta Lokasi :




    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar