Pantai Timang Jogja Akan Memacu Adrenalinmu

Share

Pantai Timang Jogja : Tempat Memacu Adrenalin

Pantai Timang Jogja ini berada di Dusun Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Di Gunungkidul bagian selatan jajaran pantainya sangat luas dan banyak bermunculan obyek wisata pantai baru, baik yang dibangun oleh Pemerintah maupun Masyarakat setempat. Salah satu destinasi terbaik dari gugusan pantai di Gunung kidul ini adalah Pantai Timang.

Pantai ini mempunyai pasir berwarna putih creamy, berhiaskan bukit karang-karang terjal disepanjang garis pantai dan mempunyai sebuah pulau kecil di lepas pantainya. Pulau inilah yang menjadi daya tarik utama dari pantai Timang. Pulaunya kecil saja, tidak ada kehidupan disana, namun caranya untuk sampai ke pulau tersebutlah yang menjadi inti utama wisatawan datang kesini. Bagaimana cara menyeberang ke pulau itu? Yuk kita bahas.

Gondola / Kereta Gantung Penyeberangan ke Pulau Timang.

Pantai Timang ini terkenal akan ciri khasnya yakni Kereta Gantung (Gondola) dan Jembatan Gantung untuk menyeberang ke Pulau Timang di tengah laut. Pulau Timang ini merupakan bongkahan batu karang besar yang sangat curam di sekelilingnya. Butuh keberanian ekstra untuk naik Kereta Gantung (cable car) ini, karena kereta tersebut akan berjalan ditengah-tengah samudra dengan ombak yang ganas.

 

Pantai Timang Jogja

Nyebrang ke Pulau Timang yang sangat menantang. Ig : @yuliyantohery_1789

 

Terkadang saat ombaknya besar, Gelombang yang menghantam bebatuan bisa mengenai penumpang Gondola. Mengasyikkan bukan? Setelah sampai di Pulau Timang, Kamu seyogyanya bernafas dulu sebentar, menenangkan degup jantung sambil selfie-selfie. Di situ ada Batu besar bernama Watu Panjang yang lumayan keren buat poto-potolah intinya. Di pulau ini, lakukanlah sedikit eksplorasi dengan turun ke sisi yang lebih rendah di Pulau tersebut.

 

watu panjang

Pulau Watu Panjang. ig @travelistojogja

 

Gondola / kereta gantung nan unik ini terbuat dari rangkaian kayu yang diikat oleh simpul tali dan roda penghantar. Menariknya lagi adalah, Gondola ini mekanismenya tidak dijalankan mesin, melainkan dengan tenaga manusia / manpower. Ada 4 orang tenaga yang menarik dan mengulur tambang dari gondola tersebut, Unik juga ya. Gondola ini tak berbekal teknologi modern, tak ada kelistrikan atau tombol emergency. Udah naik aja, pokoknya have fun! Kalo kamu merasa bakalan repot memadukan konsentrasi adrenalin sama hasrat selfie, jangan khawatir. Orang-orang disini, termasuk pengemudi jeep sudah terlatih untuk membantu jasa foto tanpa dibayar.

 

source video : Instagram travelisto

Video tersebut diatas adalah ketika salah seorang pelanggan Travelisto tours yang masih sangat muda, berani menantang dirinya. Mereka berdua menyeberang ke Pulau Timang ditengah laut yang berombak besar. Apakah kamu juga berani?

Jembatan Pantai Timang.

Nah kalau Jembatan Gantung ini sebenarnya solusi bagi yang takut naik Kereta Gantung. Jembatan Gantung dibuat dari anyaman tambang yang di kaitkan dengan lempengan kayu sebagai alas. Sehingga wisatawan terasa hanya berjalan kaki biasa saja. Namun saat berada di tengah, kadang melihat ombak berderu sepertinya agak memacu denyut jantung. Apalagi ketika jembatannya bergoyang-goyang, disitu adrenalinmu dipacu lebih kencang.

 



source video : Instagram travelisto

Di video ini, Kami sendiri yang nyebrang, pegang kamera dan meng-upload-nya disini. Penulis blog yang lain belum tentu berani, Yakinlah saya. Kalo cuma nulis artikel di web, apalagi cuma copas atau scraping, Itu mah Sepele! Haha.

Harga Wahana Gondola dan Jembatan di Pantai Timang.

  • Tarif menyeberang ke pulau timang dengan Gondola / Cable Car relatif masih terjangkau, Ongkos menyeberang saja antara 150.000-250.000 /orang untuk domestik dan internasional.
  • Sementara tarif untuk menyeberang via jembatan, lebih murah ketimbang Kereta Gantung nya yakni kurang lebih 100.000/ orang.

Pantai Timang ini memang diminati banyak turis mancanegara karena atraksi tantangan memacu adrenalin ini. Coba lah sendiri untuk merasakan betapa butuh keberanian lebih untuk menyeberang ke Pulau Timang dengan kereta gantung yang sama sekali jauh dari kata modern.

Keamanan Adventure di Pantai Timang Gunung Kidul.

Tidak perlu khawatir karena jembatan ini lumayan kuat. Selain itu, Gondola dilengkapi pengaman tali / tambang yang berdiameter besar dan ketika menyeberang akan diawasi oleh pemandu. Deburan ombak di bawah jembatan tali dan angin laut yang bertiup kencang akan membuat jembatan menjadi bergoyang-goyang. Namun disitulah sensasi adventure menyeberang ke Pulau Timang ini.

Kamu nggak akan pernah dapat petualangan yang sangat mendebarkan ini di tempat lain, Apalagi yang akan kamu pamerin ke teman-temanmu kecuali keberanianmu melintasi samudra yang membutuhkan adrenalin ganda ini?

 

Pantai Timang Jogja

Keindahan Pantai Timang. Foto Ig @pantai.jogja

Garis Pantai Timang Gunung Kidul.

Ya memang, Kebanyakan informasi tentang Pantai Timang hanya membahas tentang Gondola, Jembatan dan Jeep adventure-nya saja. Banyak yang lupa bahwa Pantai ini juga mempunyai bibir pantai yang bisa dibuat bermain-main pasir walaupun tak terlalu luas. Struktur Pantai Timang memang bukan tipe pantai dengan garis yang panjang. Perbukitan karangnya sangatlah terjal. Se-terjal perjalanan hidupku.

Namun jangan salah, Disisi timur pos penyeberangan, Kamu dapat berjalan / trekking ke arah timur. Kamu harus menuruni tangga kayu dengan membayar entrance trekking path sebesar 20-30.000. Trekking path ini adalah jalan yang mengubungkan pos penyeberangan dengan / menuju  pantai yang landai. Kalau tak ada jalan tersebut, Kamu harus menggunakan tali panjat tebing untuk turun ke Pantai, atau berjalan memutar cukup jauh.

 

trekking path

Trekking path menuju pantai yang landai. . instagram @travelistojogja

 

Sesampainya di Pantai ini, Kamu bisa melihat dari kejauhan Pulau Timang. Lebar pantainya hanya sekitar 50-60 meter saja. Pada hari kerja, Kamu akan merasa “memiliki” pantai ini sebagai pantai pribadi. Karena emang jarang yang kesini, walaupun jaraknya tak terlalu jauh.

Pada suatu waktu, Tepian pantai ini kelihatan sangat kotor karena sampah, setelah mencari tahu dari mana asalnya. Ternyata sampah ini merupakan kiriman dari daerah lain. Seperti kejadian di Pulau Bali, Pantainya mendapat kiriman sampah entah dari mana. Sangat disayangkan ternyata masih banyak masyarakat kita yang belom paham cara membuang sampah, sehingga mengotori area wisata daerah lain.

Akses dari Dusun Danggolo Tepus ke Pantai Timang Gunungkidul.

Jujur aja dari pusat kota hanya ada layanan bus seadanya untuk sampai ke lokasi tempat wisata ini. Itupun hanya cocok bagi kalangan backpacker atau kaum yang sering komen negatif di dunia maya dengan mengatakan Pantai Timang itu mahal. Untuk segmen keluarga, genk arisan atau turis manca, pilihannya hanya menggunakan kendaraan pribadi atau mengkontak jasa wisata.

Untuk bisa betul-betul sampai Pantai Timang, Kamu boleh menggunakan alat tranportasi pribadi baik berupa sepeda, motor atau mobil. Namun jalur ke Pantai ini medannya masih sulit dicapai apalagi ketika hampir sampai di lokasi. Selepas dusun terakhir (Danggolo, Kecamatan Tepus)  jalannya masih berbatu sehingga warga masyarakat memanfaatkan situasi ini untuk mengais rejeki melalui jasa ojek dengan tarif kurang lebih 30.000 atau Jeep pengantaran.

Harus dipahami, Pantai Timang ini tidak punya entrance gate seperti pantai lainnya dimana kendaraan pribadi bisa sampai pinggir pantai. Kalaupun mau nekat ya silakan saja.  Karena jalannya betul-betul offroad, Sedan ga bakalan bisa nyampai bibir pantai. Ngga percaya? Liat video ini.

 



Namun apabila pengunjung ingin menaiki kendaraannya sampai lokasi sebenarnya bisa saja, namun butuh skill mengemudi yang bagus dan kerelaan apabila kendaraannya mengalami gasruk. Hal ini memang tidak direkomendasikan, meskipun ini juga cara memacu adrenalin. Bagi kamu yang sayang motornya takut kenapa-napa, mendingan naik ojek atau jeep wisata yang disediakan. Roda empat pun demikian, setelah lihat video itu pasti kamu akan merasa mendingan mobilmu diparkir aja di lapangan bola Danggolo.

Jeep Wisata Adventure Pantai Timang Jogja.

Tahukah kamu kenapa ada jeep adventure di sana? Karena jalan-nya jelek? Tentu nggak se-eksak itu. Tapi begini, Jeep wisata ke Pantai timang itu adalah sebuah ide bisnis kreatif masyarakat yang bisa menghidupi mereka dari jalan jelek tersebut. Wahana jeep tersebut menawarkan pengantaran ke pinggir pantai dan juga alternatif wisata ke pantai-pantai disekitarnya yang juga nggak kalah bagusnya.

Tapi, Denger-denger Pemda mau mengaspal jalan akses Pantai Timang sampai bibir pantai. Kalau diaspal? Mereka ngga nge-jeep lagi? Pendapatan kas desa menurun? Masyarakat kehilangan pekerjaan? Hanya Tuhan yang tahu. Semoga ada solusi yang memenangkan semua pihak, terutama masyarakat lokal. Pemilik Jeep wisata ini rata-rata adalah sekumpulan orang setempat yang bersatu dalam paguyuban wisata, bukan investor / pemodal besar. Sayang aja kalo kemudian mereka harus kehilangan pekerjaan, padahal mereka lah yang ikut berjuang menghidupkan wisata di sini.

 

Jeep Adventure pantai timang

Jeep Wisata Pantai Timang. instagram @travelistojogja

Jeep adventure di sini ngga hanya melayani rute Danggolo – Pantai Timang saja kawan. Ada beberapa rute yang bisa kamu pilih untuk memuaskan hasrat petualanganmu di pesisir selatan. Mau tau?

Harga dan Rute Paket Jeep Adventure Pantai Timang.

  • Paket Short : 350-450.000 : Destinasi hanya Pantai Timang.
  • Paket Medium  : 500-650.000 : Tujuan ke Pantai Ngetun, Nglambor, Garden Beach, Jogan dan Pantai Siung.
  • Paket Long : 850-950.000 : Pantai Timang, Bukit Pengilon, Pantai Banyunibo, Watulumbung, Jungwok dan Wediombo.

Durasi ? Atur aja sendiri, bilang sama drivernya ” kami mau lama pak… seharian!” Ashiapp! Pasti begitu jawaban-nya. Dari beberapa pantai tersebut, ada yang juga untuk memacu adrenalinmu kembali.

(60 Destinasi Wisata Pantai Hits di Jogja)

Menikmati Seafood Pantai Timang Jogja.

Setelah puas memacu adrenalin-mu di bibir pantai, saat nya mengisi pengganti hormon tersebut dengan makan kuliner seafood yang cukup lumayan bisa menggoyang lidah. Biasanya kamu akan ditawari apakah mau mampir ke warung seafood. Jika kamu mengiyakan, maka driver jeep akan mengambil rute berbeda dari keberangkatan dan memasuki perkampungan lalu menuju tempat makan tersebut.

Jika sedari penginapan kamu udah malas nyetir duluan, Kamu bisa hubungi rental mobil di Jogja yang driver-nya paham jalur ke sini. Tour wisata pantai Timang di pesisir pantai selatan jawa ini tak akan membuatmu kecewa. Karena apa ? Di Timang ada wisata kuliner yang tidak boleh dilewatkan yaitu, Lobster dan aneka hasil tangkapan laut lainnya. Disini wisatawan bisa makan Ikan laut, Cumi, Udang, Kepiting dan sebagainya.

Warung seafood di Danggolo, Dahulu hanya ada di tempat Pak Sis, Kalau sekarang sudah mulai berdiri beberapa rumah makan baru. Kalau beruntung, Kamu dapat menikmati ikan Panjo / Panco, Sebuah spesies ikan yang jarang ada dan sulit didapat. Ikan ini memiliki duri berwarna biru. Kalau pas dapat kesempatan makan ikan itu, Fotoin ya please. Kami udah pernah makan tapi lupa motret.

 

Pantai Timang Jogja

Sungguh sangat yummy. Foto Insta @timangbeach

Peta Lokasi dan Informasi pendukung di Pantai Timang.

Jenis LokasiPantai
WahanaJembatan, Kereta Gantung, Jeep Wisata
FasilitasPemandu Lokal (asuransi?) Warung, Toilet, Parkir, Ojeg, Kuliner Seafood
PenginapanAda Homestay
Tarif Masuk5-10.000, Ojeg lokal 30.000-50.000, Jeep 350.000-750.000
Tarif WahanaGondola : 150.000-250.000, Jembatan : 100.000-150.000, Spot Foto : 10.000-25.000
Area ParkirLuas
Tarif Parkir5-10K/mobil.
Jam bukaHampir 24 Jam namun aktifitas penyeberangan berhenti pukul 17.00.
Jarak Tempuh+/- 2 jam
Paket Wisata KesiniAda
Peta Lokasi Pantai Timang-8.1759266,110.6624196

Keterangan Tambahan:

  • Foto atau Video yang terpasang, apabila tanpa tercantum akun instagram, merupakan hasil jepretan / rekaman sendiri.
  • Reality show Running Man pernah syuting disini, tapi kami ngga tau Running Man itu apa? Orang lari? Ada yang tau?
  • Pengen liburan nginep di Timang? Sekarang udah ada homestay disana. Letaknya tepat disebelah atasnya pos penyeberangan.
  • Pantai Timang tak cocok untuk balita dan lansia, dan juga orang-orang yang memiliki stamina dan adrenalin pas-pasan.

Review Pantai Timang.

NoPros / PositifNoCons / Negatif
1.Petualangan yang sangat menyenangkan.1.Jaraknya cukup jauh.
2.Tempat selfie yang lumayan keren.2.Parkir luas namun jauh dari pantai.
3.Bisa melakukan banyak aktifitas.3.Angkutan umum dan jalan ke lokasi tak representatif.
4.Ada penginapan dan kuliner seafood.4.Tarif dan Biaya wahana relatif mahal.
5.5.Tidak cocok buat balita / lansia.
6.6.Tidak bisa berenang / berendam.

Opini Penulis :

Sekedar info, banyak wisatawan LOKAL yang memberikan penilaian miring mengenai pengelolaan Pantai Timang, terutama yang ditulis di laman detik travel berikut para komentatornya. Mereka menganggap bahwa:

  • Pantai Timang tak jelas.
  • Terlalu banyak pungutan.
  • Harga wahana terlalu mahal.

Menurut kami sih, yang komentar itu hanya satu dua biji yang sudah ke sini, sementara yang lain belum dan cuma asal komen saja. Dan juga yang kesini pun asal datang tanpa riset / mencari tahu terlebih dahulu.

Logikanya begini menurut kami, Sama-sama beli Es teh, antara di Warung dengan di Mall pastilah berbeda, Begitu pula Es teh di tempat wisata. Atau coba nginep di sebuah Suite Room semalam saja, besoknya pasti bayar jutaan. Apa lantas mau komplain mahal, padahal cuman tidur?

Pantai lain yang setara dengan Pantai Timang jumlahnya banyak di Gunung Kidul, Tinggal pilih aja mana yang sesuai budget. Ada banyak pantai yang cuma bayar entrance nggak lebih dari 10.000. Tapi mengapa banyak penggemar Running Man dari Singapura, Malaysia, China dan Korea, seperti tak habis-habis berdatangan ke sini? Ada Segmentasi, Karakter, dan Keunikan yang berbeda-beda pada tiap obyek wisata.

Jadi sebaiknya riset dahulu sebelum berkunjung. Kalau merasa mahal ya nggak usah kemari (kalo udah baca halaman ini pasti paham biaya yang harus dikeluarin), Mahal atau tidak itu relatif. Piknik ke negeri orang cuma lihat kolam air mancur aja rela keluar duit banyak, masa ke Gunung Kidul ngeluarin ratusan ribu merasa mahal. Relain aja sih uang segitu buat pengembangan pedesaan negeri kita sendiri Indonesia. Ya Nggak?

Menurutmu Bagaimana? Beri Penilaianmu tentang Pantai Timang.

Review Overview
4.12
Overall Score
Atraksi / Daya Tarik
Informasi
Fasilitas / Sarana Pendukung
SDM / Manajemen
Pelayanan / Akomodasi
Keamanan

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×