Pantai Ngobaran Jogja Yang Terjal dan Sakral

Share

Pantai Ngobaran Jogja

Tempat Sakral di atas Karang Terjal.

Pantai Ngobaran Jogja adalah salah satu pantai yang menawan di sisi selatan Yogyakarta, terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul. Pantai dengan hamparan pasir putih dan pemandangan bukit yang indah dilingkupi karang-karang terjal menghampar.

 

Pantai Ngobaran

Pemandangan Pantai Ngobaran. Ig @nindiariana08

Meski demikian ada sela dimana kamu bisa menyentuh air di pinggir pantainya. Walaupun tidak bisa untuk berenang atau bermain sampai ke tengah, Pemandangan di Pantai Ngobaran ini akan mengganti kekecewaanmu.

Di atas Pantai Ngobaran ini terdapat dua tempat sakral yaitu tempat peribadatan berupa Pura dan Petilasan Woni. Sehingga nuansa religius mistis terasa sangat kental ketika anda berada di tempat ini.  Meskipun pantai ini terkesan mistis memang, namun itu tidak menghalangi animo masyarakat untuk berkunjung dan menikmati keindahan alamnya.

Peribadatan Sakral di Pantai Ngobaran Jogja.

Pada saat hari raya Nyepi, pantai ini digunakan untuk peribadatan Melasti, tepat saat bulan purnama.  Melasti adalah upacara yang digelar untuk melabuh kotoran alam dengan menggunakan air kehidupan. Upacara ini dilaksanakan di tepi pantai dengan maksud dan tujuan mensucikan diri dari segala perbuatan tidak baik di masa lalu dan membuangnya ke laut.

Ajaran hindu menganggap bahwa air yang bersumber dari sungai, danau dan laut merupakan air kehidupan. Upacara Melasti juga merupakan acara pembersihan / pensucian benda-benda sakral. Benda-benda tersebut diarak dan dibawa mengelilingi desa, yang dimaksudkan untuk menyucikan desa dari hal-hal tidak baik.

 

Pura Ngobaran

Pura di Pantai Ngobaran. Foto Ig :  @masdab_indonesia

Garis Pantai Ngobaran yang Sempit.

Pantai ini tidak memiliki bibir / garis pantai yang lebar seperti Pantai Parangtritis atau Sepanjang. Namun masih ada celah yang memungkinkan kamu turun hingga menyentuh air. Kamu musti berhati-hati saat turun, jangan sampai kamu jatuh dan nggak bisa bangkit lagi seperti Butiran Debu. Saat sampai di tepi pantai, kamu bisa bermain air tapi harus hati-hati dan pastikan dalam keadaan air surut.

 

Pantai Ngobaran Jogja

View Pantai Ngobaran jogja dari atas. Foto Ig : @windi.arsih

Struktur pantai di Ngobaran sangat terjal. Perbukitan Karst yang nampak coklat menghitam seperti menjadi kerangka dari pelataran bangunan peribadatan yang ada diatasnya. Sungguh merupakan harmonisasi alam yang sempurna menambah nuansa mistis tempat sakral ini. Didekat wilayah ini, ada pantai bernama Ngrenehan, dimana banyak kapal nelayan bersandar disana, membawa hasil tangkapan ikan yang bisa dibeli dan dinikmati saat itu juga.

Jika masih ingin mantai, kamu bisa mengunjungi Teras Kaca Pantai Nguluran yang sedang hits. Jaraknya dari Ngobaran tidak terlalu jauh, nggak sampai sejam. Namun jika kamu udah bosan dan pengen ganti suasana perbukitan, kamu bisa mengunjungi Rumah Hobbit Songgo Langit, Puncak Becici, Bukit Lintang Sewu atau Hutan Pinus Pengger.

Hamparan Alga di Pantai Ngobaran Jogja

Jangan lupa, ada hamparan alga yang menghiasi areal pantai yang akan membuat jiwamu yang lelah dalam menjalani persaingan hidup, menjadi segar kembali. Alga itu bak karpet yang menyelimuti karang penahan ombak di sepanjang tepian pantai. Hamparan hijau ini hanya akan terlihat pada saat air surut, ketika air pasang, buih-buih ombak menutupinya dan yang terdengar hanya suara dentuman ombak.

Agar kamu bisa menikmati bermain-main diatas hamparan alga ini dengan aman, Kamu harus memakai sandal atau kakimu akan terluka. Berikut kami sampaikan sedikit tips agar kamu bisa berakting layaknya anak laboratorium yang sedang meneliti tumbuhan di tepi laut.

  • Pakailah sandal, lebih tepatnya sandal gunung. Jangan berpikir pakai sandal selop atau sandal yang sering dipakai Siti Badriah pentas.
  • Hati-hati terhadap ubur-ubur yang dapat menyengat kaki dan bagian tubuhmu. Rasanya panas menyengat, bisa bikin kamu pingsan. Kalau kamu pingsan disini nggak ada lifeguard yang seksi kayak di film Baywatch.
  • Kalo merasa kepanasan, bawalah payung meskipun hari nggak hujan.
  • Saat ada upacara biasanya Pura ditutup untuk umum, dan kamu harus menghormati jalannya upacara.

 

Hamparan alga Pantai Ngobaran Jogja

Kenapa mbak’e nggak memakai sandal? ig @ratrie_05

Akses ke Pantai Ngobaran Jogja.

Untuk mencapai Pantai Ngobaran Jogja yang penuh karang terjal, kamu bisa menggunakan alat tranportasi pribadi baik berupa sepeda specialized, motor cina atau mobil punya mamahmu. Jika kamu sedang malas nyetir karena kamu capek pikiran sehabis Ujian akhir semester, Kamu bisa hubungi dan menyuruh driver rental mobil untuk mengantarmu kesini. Tour wisata pantai di pesisir Gunungkidul ini dijamin akan menghilangkan kejenuhanmu asal kamu nggak melamun di tepi pantai sendirian.
Reef

Karang Terjal di Pantai Ngobaran. Foto Ig : @dimzi16

Jalan menuju Ngobaran relatif sudah lumayan bagus, namun agak naik turun meliuk-liuk ketika hampir sampai di pantai. Ketika sudah sampai di Pantai, kamu akan lupa kalo kamu sempat pusing gegara jalan yang berkelok-kelok tadi. Met mantai ya.

(60 Destinasi Wisata Pantai Hits di Jogja)

Peta Lokasi & Informasi pendukung di Pantai Ngobaran Jogja

Jenis LokasiPantai, Tempat Ibadah
WahanaPura, Pantai Pasir Putih, Reef
FasilitasWarung kuliner pinggir pantai, Parkir, Toilet
PenginapanBelum Ada
Tarif Masuk2.000-13.000/org
Area ParkirLuas
Jam bukaHampir 24 jam
Jarak tempuh+/- 1,5 jam
Buat balitaN
Jarak tempuh-8.1186625,110.500389

Beri Penilaian mengenai Pantai Ngobaran.

Review Overview
4.08
Overall Score
Atraksi / Daya Tarik
Informasi
Fasilitas / Sarana Pendukung
SDM / Manajemen
Pelayanan / Akomodasi
Keamanan

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×