Pantai Ngobaran Jogja : Terjal dan Sakral

Share

 

Pantai Ngobaran Jogja
View Pantai Ngobaran dari atas. Foto Ig :  @windi.arsih

Salah satu pantai yang menawan di sisi selatan Yogyakarta, terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul. Pantai dengan hamparan pasir putih dan pemandangan bukit yang indah. Berpasir putih dan dilingkupi karang-karang terjal menghampar.

Meski demikian ada sela dimana kamu bisa menyentuh air di pinggir pantainya. Walaupun tidak bisa untuk berenang atau bermain sampai ke tengah, Pemandangan di Pantai Ngobaran ini akan mengganti kekecewaanmu.

Di atas Pantai Ngobaran ini terdapat dua tempat sakral yaitu tempat peribadatan berupa Pura dan Petilasan Woni. Sehingga nuansa religius mistis terasa sangat kental ketika anda berada di tempat ini.  Meskipun pantai ini terkesan mistis memang, namun itu tidak menghalangi animo masyarakat untuk berkunjung dan menikmati keindahan alamnya.

Pura Ngobaran

Pura di Pantai Ngobaran. Foto Ig :  @masdab_indonesia

Tempat Sakral di Pantai Ngobaran Jogja

Pada saat hari raya Nyepi, pantai ini digunakan untuk peribadatan Melasti, tepat saat bulan purnama.  Melasti adalah upacara yang digelar untuk melabuh kotoran alam dengan menggunakan air kehidupan. Upacara ini dilaksanakan di tepi pantai dengan maksud dan tujuan mensucikan diri dari segala perbuatan tidak baik di masa lalu dan membuangnya ke laut.

Ajaran hindu menganggap bahwa air yang bersumber dari sungai, danau dan laut merupakan air kehidupan. Upacara Melasti juga merupakan acara pembersihan / pensucian benda-benda sakral. Benda-benda tersebut diarak dan dibawa mengelilingi desa, yang dimaksudkan untuk menyucikan desa dari hal-hal tidak baik.

 

Pantai Ngobaran Jogja
Hamparan Alga Hijau di Ngobaran. Foto Insta @ratrie_05

Hamparan Alga di Pantai Ngobaran Jogja

Jangan lupa, ada hamparan alga yang menghiasi areal pantai yang akan membuat jiwamu yang lelah dalam menjalani persaingan hidup, menjadi segar kembali. Alga itu bak karpet yang menyelimuti karang penahan ombak di sepanjang tepian pantai. Hamparan hijau ini hanya akan terlihat pada saat air surut, ketika air pasang, buih-buih ombak menutupinya dan yang terdengar hanya suara dentuman ombak.
Sungguh merupakan harmonisasi alam yang sempurna menambah nuansa mistis tempat sakral ini. Didekat wilayah ini, ada pantai bernama Ngrenehan, dimana banyak kapal nelayan bersandar disana, membawa hasil tangkapan ikan yang bisa dibeli dan dinikmati saat itu juga.

Reef
Karang Terjal di Pantai Ngobaran. Foto Ig : @dimzi16
Untuk mencapai Pantai Ngobaran Jogja yang penuh karang terjal, kamu bisa menggunakan alat tranportasi pribadi baik berupa sepeda, motor atau mobil. Jika malas nyetir karena kamu capek pikiran sehabis Ujian akhir semester, kamu bisa cari rentalan atau rental mobil murah di jogja yang  berharga murah. Tour wisata pantai di jogja, terutama di gunungkidul ini akan menghilangkan kejenuhanmu.

Informasi pendukung di Pantai Ngobaran Jogja

Jenis LokasiPantai, Tempat Ibadah
WahanaPura, Pantai Pasir Putih, Reef
FasilitasWarung kuliner pinggir pantai, PArkir, Toilet
PenginapanBelum Ada
Tarif Masuk2.000-13.000/org
Area ParkirLuas
Jam bukaHampir 24 jam
Jarak tempuh+/- 1,5 jam
Buat balitaN

Peta Lokasi :

Berikan Penilaian untuk artikel ini!

Klik pada bintang untuk menilai!

Nilai Rata-rata / 5. Jumlah Penilai :

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *