Museum Ullen Sentalu : Museum Kebangsawanan

Share

Museum Ullen Sentalu : Museum Kehidupan Dinasti Mataram

Ullen Sentalu Museum terletak di dalam Obyek Wisata Kaliurang di Kabupaten Sleman, yang masih masuk dalam Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Museum yang bernuansa gothic-jawa ini menampilkan kebudayaan dan peri kehidupan bangsawan Dinasti Mataram (Kasunanan Surakarta, Kesultanan Yogyakarta, Praja Mangkunegaran, dan Kadipaten Pakualaman) beserta koleksi bermacam-macam Batik (baik gaya Yogyakarta maupun Surakarta). Didalam museum ini disajikan gambaran masa lalu figur raja-raja beserta permaisurinya. Lengkap dengan sekian banyak macam pakaian yang dikenakan dalam keseharian-nya.
Museum Ullen Sentalu
Nama Ullen Sentalu adalah singkatan dari falsafah bahasa Jawa: “ULating bLENcong SEjatiNe TAtaraning LUmaku”. Yang berarti “Nyala lampu blencong adalah petunjuk insan dalam melangkah dan mengarungi kehidupan”. Filsafat ini bersumber dari lampu minyak yang digunakan dalam pentas wayang kulit (blencong). Secara keseluruhan artinya ialah Cahaya yang bergerak untuk menunjukkan dan menerangi perjalanan hidup manusia. Museum budaya ini didirikan oleh salah seorang bangsawan Yogyakarta yang dikenal dekat dengan kerabat keraton Surakarta dan Yogyakarta.

Museum Ullen Sentalu : Ambience Museum yang mengagumkan

Di dalam museum budaya ini, pengunjung tidak diperbolehkan berkeliaran sendiri di ruang pameran. Pengunjung akan dipisahkan perkelompok, kemudian diberikan panduan oleh pembimbing atau pemandu khusus yang akan menceriterakan sejarah tentang benda-benda koleksi dari keraton Yogyakarta dan Surakarta. Di Museum Ullen Sentalu, Kalian dapat memahami sejarah semua leluhur dalam menciptakan batik. Masing-masing corak yang dibuat, seringkali memiliki makna dan arti yang adiluhung.

Tour di Museum ini membutuhkan waktu kira-kira 1 jam menjelajah ruang koleksi yang terbagi dalam sejumlah bagian. Pertama Ruang Selamat Datang. Kemudian terdapat Ruang Seni dan Gamelan dimana tersimpan seperangkat alat musik gamelan. Ruang ketiga, Guwo Selo Giri yang memamerkan beberapa koleksi lukisan. Selanjutnya Kampung Kambang, Suatu bangunan menarik yang di buat di atas air, yang memperlihatkan koleksi batik, syair, sampai album kehidupan Dinasti Mataram. Yang terakhir adalah, Ruang Sasana Sekar Buwana dan Koridor Letja Randa berwujud Museum outdoor yang memamerkan patung dewa dewi dari abad ke-8 dan ke-9.

Museum Ullen Sentalu

Suasana di dalam Museum Ullen Sentalu. Foto Insta @mahendra_ve

Bangunan museum yang diciptakan artistik dengan nuansa gothic, dapat membuat pengunjung laksana terbawa ke zaman lampau yang mengagumkan. Pepohonan dan pemandangan perbukitan Gunung Merapi disekitar Museum pun sangat membuat kerasan pengunjung. Saat anda mulai merasa lelah dan lapar, kamu dapat memesan kopi dan makanan di Resto Beukenhof yang terdapat di dalam museum. Menikmati kopi atau sejumlah hidangan yang lezat di wilayah Kaliurang yang sejuk dengan dengan ambiens museum klasik seperti ini, Pasti bakal membuatmu menjadi penikmat sejarah yang elegan.
Museum Ullen Sentalu
Untuk bisa mencapai Kaliurang, lokasi Museum tersebut, Kamu bisa menggunakan moda transportasi sepeda, motor, mobil, bus. Transportasi umum agak sulit meskipun ada. Jika kamu lagi malas naik mobil karena radiatornya suka panas kalo dibuat nanjak. Sebaiknya kamu mencari sewa mobil+ driver saja. Kamu tinggal duduk manis, tidur di perjalanan, tau-tau dah sampai di sana.

Informasi pendukung di Museum Ullen Sentalu Jogja

Jenis Lokasi Museum
Wahana Museum koleksi
Fasilitas Toilet, Mushola, Kafe
Penginapan Banyak
Tarif Masuk 30-70K/org
Area Parkir Luas
Jam buka 08.30-16.00
Jarak tempuh +/- 1 jam
Buat balita Fair

Peta Lokasi :

[Total: 1    Average: 5/5]

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *