Goa Pindul Jogja : Tubing Sungai Bawah Tanah

Share

Goa Pindul Jogja : Tubing Sungai Bawah Tanah

Berwisata adventure akan memberikan kesan yang dalam dibanding hanya berwisata makan-makan atau sekedar selfie. Yuk mari coba wisata terbaru di Jogja yang akan memberimu pengalaman tak terlupakan yaitu menyusuri Goa Pindul. Wisata Goa ini berada di Dusun Gelaran, Bejiharjo, Karangmojo, GunungKidul. Goa Pindul termasuk destinasi favorit di GunungKidul Yogyakarta. Untuk bisa menikmatinya, Anda musti sehat secara fisik dan mental, dan tentu saja jika sendirian gak akan asik. Ajak teman-temanmu untuk bersama-sama memacu sedikit adrenalin di Goa Pindul.

 

Gua Pindul

Stalagtit di Goa-pindul. Ig @firmansm07

Mulai tahun 2010-an,  Wisata Goa Pindul mulai dikembangkan secara kreatif oleh masyarakat sekitar. Goa Pindul menjadi target destinasi wisata adventure para wisatawan lokal, nasional maupun internasional. Dulunya Goa ini kotor dan tak terurus. Berkat kreativitas dan visi yang brilian, Goa yang dulu sepi ini diubah menjadi destinasi wisata yang utama di kabupaten Gunungkidul. Didalam goa kamu bisa melihat betapa indahnya konstruksi stalagtit yang berada diatas goa.

Rasakan Pengalaman Adventure Tubing di Goa Pindul Jogja.

Goa Pindul memiliki panjang kurang lebih 350 meter, penyusuran dapat ditempuh dengan waktu normal 40-60 menit. Durasi waktu bermain tubing tergantung situasi, kondisi dan keinginan pengunjung sendiri. Jarak lebar antar dinding goa rata-rata 4 meter, ketinggian dari permukaan air dengan dinding atas kurang lebih 5 meter dan kedalaman sungai berada sekitar 1-12 meter.

Namun ada salah satu zona sempit yang hanya dapat di lewati dengan 1 ban / tube saja, ini adalah alasan kenapa penyusuran sungai bawah tanah goa pindul hanya menggunakan ban, bukan sampan atau perahu karet. Meskipun kamu jomblo akut, mendingan ajak teman lain deh kalo wisata ke Goa pindul, Bayangin aja kalo kamu main ban sendirian. Gak Asik banget kan.

 

tubing pindul

Tubing Goa Pindul bareng temen-temen jauh lebih asyik. ig @buayabuas

 

Tips Safety Tubing Sungai Bawah Tanah di Goa Pindul

Setiap wisatawan yang ingin menyusuri gua, wajib mengenakan peralatan khusus yang sudah ditentukan dan wajib didampingi pemandu/guide dari pengelola.Tapi ada baiknya kamu perhatikan beberapa hal berikut ini :

  • Sebaiknya kamu memakai pakaian yang casual saat hendak berpetualang di Goa Pindul.
  • Jangan lupa makan dulu, agar kamu tak kelaparan di dalam gua. Karena didalam gua ga ada yang jual makanan.
  • Di sini jarang terjadi kecelakaan kecuali keteledoran pengunjung sendiri. Untuk itu patuhi aturan yang sudah dibuat.
  • Kedalaman sungai bervariasi, jangan sok-sok an lompat ke air kalau belum paham, kamu bisa cidera.
  • Kamu tak perlu memakai body protect atau headlamp, karena goa pindul relatif terang. Namun kamu wajib memakai pelampung agar tidak tenggelam.

 

luweng pindul

Sinar Matahari menerangi. ig @goapindul_id

Goa Pindul Ditutup Pada Saat Tertentu.

Pada saat-saat tertentu air yang mengalir di Goa Pindul ini akan terlihat sangat jernih. Jika musim hujan tiba, Goa ini bisa berhenti menerima wisatawan, karena air meluap sampai menutupi mulut goa dan sangat berbahaya bagi pengunjung yang terjebak di dalam goa. Jadi pastikan kamu dalam momentum yang tepat ketika hendak berangkat ke Goa Pindul.

Saran kami cari waktu dimana bukan high season, kalau bisa nggak pas liburan, karena kamu bisa kena macet di jalanan dan juga macet didalam goa. Jangan pula kesana saat hujan deras tengah berlangsung maraton beberapa hari sebelumnya, karena biasanya air dalam goa meluap.

Akses ke Goa Pindul

Kami kasih tau ya, jika kamu belum pernah kesana dan ingin pergi sendiri ke sana, kami jamin kamu akan kebingunan. Begitu banyak dan masif, papan nama penunjuk Goa Pindul yang cukup bikin bingung. Ibarat kamu memasuki pusat penjualan handphone di Roxy, kamu akan dikerubuti beberapa orang yang menawarkan jasa menjual atau membeli handphonemu. Kira-kira seperti itulah gambarannya.

Bila ingin simpel, silahkan hubungi agen perjalanan wisata yang udah paham cara akses ke Goa Pindul, Goa Jomblang, Goa Cerme dan aktifitas caving adventure lainnya. Bila ingin tetap pergi sendiri, kamu harus fokus pada titik map yang akan kamu tuju, dan jangan terpengaruh papan penunjuk swasta di jalanan.

 

Goa Pindul jogja

Tubing Goa Pingdul. ig @travelistojogja

Harga Tiket, Peta Lokasi & Informasi pendukung di Goa Pindul

Jenis LokasiGoa, Sungai bawah Tanah
WahanaCave Tubing, Body Rafting.
FasilitasPemandu Lokal, Asuransi, Kuliner, Persewaan Ban,
PenginapanBelum Ada (Update : Sekarang sudah ada)
Tarif Masuk5-10K/org. Paket 25-35K/org. Sewa Ban :10-25K
Area ParkirLuas
Jam buka06.00-17.00
Jarak tempuh+/- 2 jam
Buat balitaN
Peta Lokasi / Map-7.933137,110.6353761
Trip KesiniAda

Info Tambahan :

  • Untuk mencapai destinasi wisata Goa Pindul, kamu bisa menggunakan alat tranportasi pribadi baik berupa motor atau mobil. Jika kamu lebih suka tidur saat perjalanan mendingan kamu cari sewa mobil murah di jogja yang berlimpah dan berharga variatif. Tour wisata tubing Goa Pindul di Jogja, atau di Gunungkidul ini akan membuatmu basah, sumpah!
  • Jika kamu sudah bosan dengan goa ini, kamu bisa menjajal Goa Kalisuci yang juga menyediakan layanan penyusuran sungai bawah tanah. Atau kamu bisa ke Goa Jomblang dimana kamu akan di challenge adrenalinmu untuk menuruni sinkhole dan menjumpai heaven’s light di dalamnya. Goa cerme juga keren untuk ditelusuri. Kalo di Goa Selarong nggak ada sungai bawah tanah, tapi ada air terjun-nya. Pilih Mana?

 Beri Penilaianmu mengenai Goa Pindul

Review Overview
4.07
Overall Score
Atraksi / Daya Tarik
Informasi
Fasilitas / Sarana Pendukung
SDM / Manajemen
Pelayanan / Akomodasi
Keamanan

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×