Tips Berwisata di Jogja


Travelisto Tours : Pantai Kukup
Pantai Gunung Kidul

Tips Berwisata di Jogja Ala Travelisto Tours

Meliburkan diri dari kepenatan/rutinitas merupakan obat mujarab yang ampuh untuk bisa membuatmu kembali fresh dan siap tempur. Apalagi liburannya bersama teman-teman atau keluarga apalagi dengan pasangan disertai dengan perencanaan yang sesuai. Karena tubuh anda, mata anda, pikiran anda perlu santai/relax agar terhindar dari penyakit alay, baper, dengki dan berbagai penyakit buruk lainnya yang disebabkan rutinitas sehari-hari.
Kalo tips itu diartikan memberi uang kepada orang lain, itu udah biasa, tapi disini akan dibahas tips-tips yang akurat yang dimaksudkan agar kamu saat wisata ke Jogja nanti terjaga kesempurnaan wisatanya. Berikut beberapa Tips Berwisata orisinil dari Travelisto Tours  yang ga mungkin didapat di website lain. 

1. Tips Budgeting

1. Rencanakan liburanmu dengan tepat dan cermat, jangan sampai over budget yang nantinya membuat kamu malah punya beban cicilan hutang setelah liburan, pait kan? Meskipun budget yang akan dikeluarkan sewaktu wisata di Jogja nantinya juga gak bakalan sebanyak penggunaan ketika wisata di luar negri, tetap saja kamu harus mengaturnya sedemikian rupa, supaya tidak tekor dan menyesal di kemudian hari.

2. Pilih dengan cermat tujuan wisatamu di Jogja, banyak tawaran pilihan paket wisata yang disajikan di internet oleh ribuan agen wisata di Jogja. Kamu bebas boleh pilih yang mana, sesukamu, namun pelajari atau riset terlebih dahulu supaya kamu ngga kecewa belakangan. Setiap obyek wisata di Jogja punya jam atau hari buka yang berbeda-beda. Jangan sampe kamu pingin wisata ziarah ke Makam Raja Imogiri, sampe sana malah ga bisa masuk karena bukan hari jadwalnya buka. Kamu yang punya asma, ya nggak usah wisata lava tour merapi, karena sangat dusty. Dan jangan sampai pula kamu yang hobi bangun siang, pilih paket wisata sunrise, berat di mata ntar.

3. Tentukan destinasi wisata yang tepat di Jogja dan sesuaikan dengan kebutuhanmu. Ketika kamu butuh udara segar atau refreshing, kamu jangan malah jalan-jalan di pinggir jalan. Normalnya orang yang tinggal di pegunungan akan piknik ke pantai, Orang pesisir akan wisata ke pegunungan, Orang kota piknik ke desa, begitu juga sebaliknya, lumrahnya begitu kan ya? tapi kalo pun kamu maunya sesuka hatimu ya boleh-boleh saja. Misal kamu tinggal di lereng merapi, pikniknya ke Merapi juga, ya nggak apa apa sih, Yang penting anak, istri atau pasanganmu bahagya.

4. Bawa peralatan piknik dan bekal makanan/camilan dari rumah agar terhindar dari biaya-biaya tak terduga, Ingat! biasanya harga-harga di tempat wisata selalu lebih mahal daripada di warung tetangga. Gosah malu bawa makanan sendiri, tiker sendiri, alat makan sendiri. Kalo perlu bawa ban sendiri buat renang, kalo gak malu.  Kecuali kalo kamu emang niatnya wisata kuliner, atau kamu berasal dari luar kota.

2. Tips Bertanya Arah tempat Wisata di Jogja

Jogja adalah kota yang ramah wisatawan, budaya jawa yang masih teramat kental, menjamin dirimu tidak akan kesasar jika mau bertanya, masih ingat kan pemeo, 'malu bertanya sesat dijalan'. Namun kamu juga perlu memperhatikan etika ketika bertanya. Misalnya, kamu musti turun dari kendaraan dan menggunakan bahasa yang sopan ketika bertanya. Mereka yang ditanya pasti akan senang menjawab pertanyaanmu.

Ada hal yang unik yang tak bisa dipungkiri ketika bertanya di daerah Jogja pada khususnya dan Jawa pada umumnya. Saat kamu bertanya jarak tempuh pada orang-orang di pedesaan, kamu harus mempunyai asumsi penghitungan yang melebihkan. Misalnya kamu bertanya jarak lokasi objek wisata dari tempatmu bertanya, mereka akan menjawab dengan santainya, "sudah dekat kok cuman kearah sana 10 menit" atau "belok kiri dikit nanti ada tugu, trus kekanan, lurus terus udah sampai, kira-kira 10 menit". Nah, ketika kamu dapat jawaban demikian, kamu harus tega melupakan wajah innocent orang-orang pedesaan, Jangan percaya! Perkiraan 10 menitnya orang pedesaan itu kurang lebih kalo dikalkulasi akan menghasilkan 1 jam waktu tempuh!
Ketika kamu bertanya arah, mereka akan berpatokan pada arah angin. Misalnya, Ngetan, Ngulon, Ngidul dan Ngalor. Misal : "Dari kecamatan, Sampeyan ngalor, ketemu batas desa ada perempatan, lalu ngetan dikit, ada rumah makan masih ngetan sampe ketemu pos polisi, lor e pos polisi masuk ngulon, disitu lokasinya".

Nah kalo kamu payah dalam hal arah mata angin, pasti akan bingung, maka dari itu jangan lupa bawa kompas, tapi jangan yang versi cetak.
Kebiasaan itu kini mungkin sudah mulai ditinggalkan dengan adanya teknologi Google Maps atau Waze. Tapi ga usah menyangkal, kamu sering kesasar kan walaupun sudah pake Map? lalu marah-marah map nya error!

3. Tips Kewaspadaan Saat Berwisata di Jogja

Liburan bukan semata mata buat pamer, liburan itu untuk dinikmati, Pastikan tujuanmu berwisata adalah menghibur diri dan bersenang-senang. Jangan sampai saat liburan di Jogja malah memberikan masalah buat kamu. Tetap harus memperhatikan hal-hal yang sekiranya akan menimbulkan masalah.


1. Selfie :

Setiap orang punya hobi yang satu ini, meskipun tidak semuanya. Tapi bagi pecandu sosial media, selfie adalah hal wajib yang harus dilakukan setiap saat, apalagi saat berada di tempat wisata. Bahkan tidak bisa dipungkiri, ada yang jauh-jauh datang ke tempat wisata hanya sekedar untuk selfie semata. Sebelum mandi, selfie, makan sambil selfie, diperjalanan nge-vlog sambil selfie, mau tidur pun selfie dulu. Kadang kadang hape suka error gegara kepenuhan tidak mampu menyimpan file hasil ambisi selfie. Nah,  jangan sampai hobi selfie mu ditempat wisata di jogja, membawa petaka gegara ingin dianggap kontroversial, misalnya : Kamu maksa selfie di bibir kawah Gunung Merapi atau kamu berdiri diatas kepala stupa candi, biar dianggep kontroversial. Kamu ntar bisa celaka atau tercyduks. Beberapa berita di suratkabar nasional pernah memberitakan hal tersebut.


2. Norma Kesopanan dan Aturan :

Berwisata di Jogja, penuh ragam pilihan, kamu bisa wisata sejarah, wisata budaya atau bahkan wisata ziarah. Jika kamu pas sedang wisata ziarah di tempat-tempat keramat atau religius. Sebaiknya jaga betul norma kesopanan dan aturan yang ditetapkan oleh pengelola wisata.
  • Jika sedang berwisata ziarah ke makam, ya kamu ga bole teriak-teriak kegirangan atau kejar-kejaran, tidak boleh mesum juga, mesumnya ntar kalo dah nikah aja di tempat yang proper.
  • Jangan pula kamu pipis di sembarang tempat, kalopun terpaksa harus dilakukan, ya, uluk salam, minta ijin kepada alam semesta. Kalo kamu kebelet pipis di perjalanan, gosah kuatir jaman sekarang banyak toilet umum bertebaran di pinggir jalan berbentuk minimarket, ga belanja ga papa.
  • Saat kamu sedang wisata pantai di pesisir selatan Jogja, ada aturan tertulis dilarang berenang. Ya jangan berenang! patuhi aturan itu atau kamu akan celaka.  Hampir semua pantai di Jogja ada larangan tersebut, meskipun tidak semuanya. Maka dari itu yang hobi bermain air sebaiknya pilih pantai yang relatif aman. Ada banyak kok. Satu lagi, kamu yang udah gede jangan maksa main caroussel atau masuk ke kolam anak-anak.
  • Ada aturan tak tertulis di beberapa tempat wisata di jogja, semisal jangan memakai pakaian warna hijau pupus agar tidak diseret ombak pantai selatan. Bukannya kok percaya hal mistik sih, tapi biar aman saja, masa sih kamu yang koleksi bajunya dua lemari plus tiga koper, ga punya alternatif warna baju selain hijau pupus? Ada juga aturan tak tertulis, jangan bawa pasangan di candi prambanan, ntar bisa putus. Kalo demikian ya, "cari pacar lagiii".

4. Tips  Menyesuaikan Diri Dengan Kondisi Tempat Wisata di Jogja


Jika kamu sedang sakit, tunda dulu perjalanan wisatanya, jangan sampai sakitmu merepotkan teman atau keluargamu. Lebih gawat lagi kalo penyakitmu menulari semua pengunjung objek wisata. Jangan lupa sebelum berangkat isi perut dulu biar ga masuk angin di jalan. Kalo sampai anginnya keluar di kabin mobil saat perjalanan, aduuh kasian yang lain, terutama drivernya, bisa-bisa dia susah konsentrasi.

Travelisto Tours Tips
Bermain Di Pantai Pasir Putih Gunungkidul

  • Jika pergi ke daerah dataran tinggi bawa jaket atau sarung, gosah malu daripada membekyu. Jangan lupakan minyak angin atau minumannya orang pintar. Nggak lucu kalo kamu kedinginan sampe harus pulang padahal sunrise yang ditunggu belum muncul. Nggak lucu juga kamu pakai kasual terbuka saat menikmati kuliner di lereng merapi, Ketika  kamu pergi ke Lava Tour Merapi, jangan lupa menyiapkan masker, karena disana sangat berdebu.
  • Jika kamu berwisata waterpark atau wisata pantai di Jogja untuk bermain air, bawalah handuk jangan suka pinjem ntar ketularan gatal. Bawa juga sabun, hand body, dan pakaian renang sendiri. Usahakan tertib aturan, Beberapa tempat wisata renang di Jogja, tidak mengijinkan anda renang dengan pakaian lengkap apalagi bercadar. Jangan ngeyel, atau maksa atas dasar kata ustad abal-abal, kasian petugasnya yang cuman jalanin aturan biar semua aman sentausa.
  • Jika bepergian ke pantai pake pakean yang casual, sarung juga boleh, tapi sarung pantai, jangan sarungan kek orang mo ke kenduren, meskipun ga papa, tapi aneh aja. Jangan lupa bawa kacamata yang keren, bawa sunblock biar kulitmu ga berubah warna pas waktu pulang, jangan sampai pulang ke rumah, orang tuamu ga mengenalimu lagi.
  • Beberapa kontur pantai di pesisir selatan yang landai, sangatlah merangsang kita untuk bermain-main disitu. Meskipun demikian, pakailah alas kaki agar kakimu yang udah terlanjur perawatan menikur-pedikur tidak rusak oleh ganasnya karang di pantai selatan atau terkena ubur-ubur / sea urchin yang sangat gatal dan menyakitkan.

5. Tips Mempersiapkan Gadget Untuk Kesempurnaan Perjalanan Wisatamu

Sebelum perjalanan wisata ke obyek yang akan kamu datangi, persiapkan infrasruktur pendukung popularitas sosial media-mu. Saat perjalanan manfaatkan waktu untuk nge-cas hp atau mengistirahatkan mata walau sebentar, meskipun lebih asyik jika dipakai bersenda gurau, nge-vlog dan bersenang-senang, tapi ingat, dilarang berbicara dengan sopir seganteng apapun drivernya, begitu kata peringatan yang ditempel di bis-bis jaman dulu. Cukup seperlunya saja, biar perjalanan aman sampai tujuan. Kalo kebeles pipit bilang aja.

Tips Berwisata di Jogja Ala Travelisto Tours
Persiapan Gadget Untuk Liburan Bersama Travelisto

  • Hape dicas maksimal saat sebelum perjalanan dimulai, jangan lupa bawa powerbank atau batre cadangan, gosah bawa aki, cukup beli carjer mobil. Ingat, rasanya kehabisan batre di tempat wisata itu sangatlah perih.
  • Memory atau MMC dikosongin dulu, data-data lama dipindah ke laptop atau google drive, gosah nyimpen kenangan ama mantan juga, Hapus! Dengan demikan kamu bisa maksimal dan nggak kehabisan space saat sesi pemotretan yang melibatkan dirimu dan dirimu sendiri, Kamu jomblo? Enggak kan?
  • Jangan lupa bawa alat rias, tapi jangan satu meja, supaya kamu tampil maksimal di depan hapemu sendiri. Kalo kamu nggak maksimal di lokasi wisata nanti, yang ngliatin dikit, yang nge-like di media sosial juga bakalan dikit. Gawat kan.
  • Bagi yang punya binocular boleh dibawa buat liat-liat jarak jauh, kalo theodolit gosah dibawa bikin repot yang ngebawa. Bisa uga bawa drone, rekam kemudian apolot di yutub, buat nambah-nambah portofolio-mu
Tips Berwisata di Jogja Ala Travelisto Tours
Jaga Kebersihan Tempat Wisata

6. Tips Menjaga Kebersihan Ekosistem Wisata di Jogja


Pribadi yang baik dan terpelajar tidak akan membuang sampah sembarangan, demi terjaganya kualitas kepariwisataan baik di Jogja ataupun ditempat lain. Mari kita jaga bersama tempat wisata yang ada agar tetap indah, alami, bersih dan enak dipandang.


- Jangan membuang sampah sembarangan di lokasi wisata di Jogja, Beberapa tempat wisata sudah mengenakan aturan keras mengenai sampah. Pantai Indrayanti memberikan denda bagi siapa saja yang ketahuan membuang sampah sembarangan. Beberapa pantai lain juga demikian.

- Jangan juga membuang sampah di perjalanan, siapkan plastik buat tempat sampah atau saat kamu mual. Buang sampahmu di kabin mobil saja, biarkan sopir rental mobilnya yang akan mengurusnya nanti. Ingat! Kebersihan sebagian daripada iman. Lestarikan bumi beserta isinya demi anak cucu kita.

Cukup segini dulu ya tipsnya, ntar kalo inget sesuatu, ditambahin lagi deh
Udah siap travelling? Klik sini

Update 11 November 2018


  • Saat kamu berwisata ke Jogja, terutama ke daerah Bantul atau Gunungkidul, segeralah pipis dulu, karena apa? Jarang ada minimarket di pinggir jalan kayak di jalur pantura dimana kamu bisa seenaknya berhenti. Ini Penting, jangan sampe ada cerita kamu ngompol di jalan, atau kesurupan karena pipis di bawah pohon.
  • Saat kamu berwisata ke pantai di daerah Jogja, walaupun bukan musim hujan, siapkanlah payung, jangan sampai kamu males jalan gegara di sana gak ada tempat yang adem untuk explorasi pantai, namanya juga pantai, kalau ada atapnya tentu namanya pantry.
  • Usahakan mengunjungi daerah wisata di Jogja pada saat low season, disamping harga paket wisatanya lebih murah, kamu juga terhindar dari kemacetan baik dijalanan, di depan pintu masuk, dan juga kemacetan di dalam Goa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar