Pantai Jogan Jogja


Pantai Jogan Jogja

Jogan, Pantai dengan Air Terjun yang langsung ke Laut.


Berbicara mengenai Pantai di Jogja, nggak ada habisnya. Sepertinya Jogja punya peternakan pantai, selalu muncul spot-spot baru yang tak kalah menarik dari pantai-pantai yang sudah ada. Tentu saja pantai tidak lahir begitu saja, Pantai-pantai tersebut sudah ada sejak lama, namun belum tersentuh kreatifitas manusia. Salah satu yang akan kita bahas adalah Pantai Jogan yang terletak di Purwodadi, Tepus Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Kenapa Pantai Jogan? Pantai ini mempunyai spot yang sangat jarang dimiliki pantai-pantai lain di seluruh Indonesia. Pantai Jogan mempunyai air terjun yang airnya langsung ke pantai. Keren bukan? Dan asyiknya adalah, untuk bisa menikmati air terjun beserta pemandangan di Pantai Jogan, kamu harus menempuh perjalanan yang cukup lama, kurang lebih 2 jam, kemudian setelah sampai pun kamu harus berusaha lagi untuk bisa bermain-main dengan air terjunnya.


Kamu harus menuruni dinding karang tersebut dengan tangga bambu /kayu. Caranya ? Datang saja kesana lalu tanya sama pemandu yang ada disana. Tugas kami hanya menulis cerita dan mungkin mengantar mu kesana. Begitu lebih asyik ya? Tentu saja mudah menuruni karang terjal itu yang penting kamu punya adrenalin yang cukup untuk melakukan hal yang namanya Rapelling, Yaitu aktifitas menuruni tebing dengan menggunakan tali dan perlengkapan khusus lainya.
Pantai Jogan Jogja
Rapelling di Pantai Jogan, Asyik kan? Foto insta @sigit_damar

Meskipun air terjun disana merupakan faktor utama yang membuat orang datang ke Pantai Jogan, pemandangan pantainya juga tak kalah bagusnya dengan pantai lainnya. Karakteristik untuk pantai di Gunungkidul adalah seperti biasa, Ombak besar, Karang Terjal, Angin bertiup dan kamu  yang kepanasan. Main air? Bisa sih tapi kamu harus ekstra hati-hati, karena di sini tidak seperti di Pantai Wediombo atau Sundak yang punya garis pantai yang lebar, Pantai Jogan nggak punya garis pantai, meskipun corak nya hampir sama dengan pantai lain, yaitu mempunyai daratan yang menjorok ke laut. Karang / reef yang menjadi dasar dan tempat biota laut tumbuh akan terlihat menghijau saat air laut surut. Disitulah kamu bisa menemukan kepiting kecil, ikan-ikan berwarna-warni disela-sela reef tersebut. 
Pantai Jogan Jogja
Selfi dikapal diatas samudera. Foto insta @sanjayabudi

Bagi kamu yang hobi selfi, kamu bisa maksimalkan hobimu dengan naik ke wahana perahu buatan di sebelah barat pantai. Kamu bisa seolah-olah sedang naik perahu ditengah laut berombak besar. Hal tersebut cukup kuat untuk membuat teman-teman sosmed-mu menyukai postinganmu. Oiya, kamu juga bisa selfi dengan kucuran air terjun membasahi tubuh, meskipun ketinggian air terjun cuma +/- 10 meter, tapi itu akan cukup, cukup membuat instagram-mu kebanjiran like.
Pantai Jogan Jogja
Rapelling Diatas Batu karang. Foto insta @galaxyadventuresiung

Untuk mencapai Pantai Jogan yang cukup jauh, kamu bisa menggunakan alat tranportasi pribadi baik berupa sepeda, motor atau mobil. Jika kamu diperjalanan lebih suka tidur, kamu bisa cari rentalan atau sewa mobil di jogja yang berlimpah dan berharga murah. Tour wisata pantai di jogja, terutama di gunungkidul ini tidak akan membuatmu kecewa, asalkan datangnya pada saat yang tepat, yaitu pada saat debit airnya besar, sehingga air terjunnya akan nampak keren. Jika kurang puas, kamu bisa ke pantai terdekat yang bernama Nglambor, Disana kamu bisa Snorkeling seperti di Bunaken.

  • Jenis Lokasi : Pantai
  • Wahana : Rapelling, Pasir Putih, Air Terjun, Jembatan, Gardu Pandang
  • Penginapan Terdekat : Ada
  • Fasilitas : Warung Makan, Toilet, Mushola, Pemandu
  • Tarif Masuk : 3.000-5.000/org
  • Area Parkir : Luas
  • Jam Buka : hampir 24 jam
  • Jarak tempuh : +/- 1-2 jam
  • Buat balita : tidak cocok


1 komentar:

  1. wah lengkap sekali artikelnya.

    oiya, terima kasih kak koreksinya pada artikel tempat makan jogja di jejakpiknik... hehe

    sebagai gantinya, kami beri 1 backlink dari jejakpiknik. Silahkan pilih halamannya dan hubungi kami di email : jejakpiknik@gmail.com

    BalasHapus