Snorkling Pantai Sadranan Gunungkidul

Pantai Sadranan Gunungkidul
Menikmati Pantai Sadranan Gunungkidul. Foto Ig : @ada.rudi

Snorkling Pantai Sadranan Gunungkidul


Apalagi yang biasa kamu lakukan di pantai selain mandi, kungkum, mancing dan naik perahu? Nah, kamu perlu coba yang satu ini, sebuah pantai yang cukup asik untuk dikunjungi dan dibuat bermain-main lebih dari sekedar kungkum atau slulup. Yang satu ini namanya Pantai Sadranan. Letaknya di Pulegundes, Desa Sidoharjo, Kec Tepus, Kab Gunungkidul. Pantai ini akan memberimu pengalaman menarik lebih dari yang pernah kamu duga. Baca baik-baik, lalu hasut teman-temanmu untuk baca artikel ini, lalu ajaklah mereka datang kesini. Tak ada yang menyenangkan selain piknik bareng teman-teman atau keluarga (bagi yang udah punya).

Pantai Sadranan Gunungkidul
Lanskap Pantai Sadranan Gunungkidul. Foto Ig @alexa_jogja

Meskipun pantai ini sudah ter-ekspose di media sosial, namun masih jarang yang tahu bahwa di Pantai Sadranan Gunungkidul ini kamu bisa melakukan hal-hal sebagai berikut:

1. Snorkling / Snorkeling / Menyelam
Selain Pantai Nglambor yang sudah lebih dulu eksis dengan fasilitas snorkeling, Pantai Sadranan Gunungkidul juga bisa kamu ekspos pemandangan bawah lautnya. Dengan kontur pantai yang cukup unik, Snorkling bisa kamu lakukan tanpa takut terhempas ombak pantai selatan yang terkenal ganas. Seperti umumnya pantai di daerah Gunungkidul, Pantai Sadranan berpasir putih, berombak besar dan ganas, air lautnya bening. Namun karakter yang paling menonjol di sini adalah hamparan reef yang cukup luas. Pantai Sadranan Gunungkidul semacam 'dilindungi' oleh pulau kecil (yang berada di lepas pantainya ) dari kerasnya ombak sebelum mencapai daratan. Karakter Reef dari Pantai Sadranan yang agak datar dan menjorok cukup jauh, bisa membuat wisatawan bermain-main di pinggir pantai dengan cukup aman.
Pantai Sadranan Gunungkidul
Snorkeling Pantai Sadranan Gunungkidul. Foto Ig @roma_paung
Untuk ber-snorkling, kamu tak perlu keahlian apapun, tak perlu membawa apapun. Di sana fasilitas sudah lengkap dari mulai kacamata (google), snorkel, pelampung, sirip karet, dsb, Kedalamannya juga tak terlalu dalam, sehingga tidak membutuhkan keahlian menyelam. Dengan memakai gaya tenggelam natural sudah cukup bagimu untuk mengeksplorasi keindahan biota laut pantai selatan ini. Biasanya waktu yang tepat untuk snorkling adalah pagi pukul 06.00-08.00 atau sore pukul 16.00 sampai 17.00. Kalo kemaleman nggak keliatan apa-apa.
2. Bermain Rafting & Dayung Perahu
Pantai Sadranan Gunungkidul juga menyediakan fasilitas Rafting juga Dayung bagi kamu yang ingin mencobanya. Sekilas nampak mudah, namun bagi yang belum terbiasa, namun jika perahumu terbalik akan jadi bahan tertawaan yang sangat menyenangkan, bagi teman-teman. Tapi ingat, jangan terlalu ketengah, kalo terlalu ketengah bisa berbahaya, kamu bisa-bisa sampai ke samudra Antartika ntar. Untuk aman-nya kamu perlu baca tips berwisata pantai di Jogja, Nanti dijelasin tentang apa itu Rip Current, bukan Rip Curl lho ya, juga dibahas mengenai hewan-hewan laut yang berbahaya untuk kemulusan kulit kakimu dan sebagainya.

Pantai Sadranan Gunungkidul
Bermain rafting di Pantai. Foto Ig @imanyr.nurul
3. Camping
Bagi yang suka adventure, bisa mencoba camping disini, meskipun kurang begitu menantang seperti di Pantai Sedahan. Kenapa kurang menantang, karena disini sudah ada beberapa penginapan dan akses ke jalan juga tidak terlalu jauh. Namun begitu, tak ada salahnya mencoba camping disini karena spot nya yang cukup menarik dan pemandangan sekitar Pantai Sadranan Gunungkidul ini tak kalah indahnya dengan pantai-pantai di pesisir selatan Jogja lainnya. Perbukitan ada disebelah utara pantai, dari situ kamu bisa melihat lanskap Pantai Sadranan Gunungkidul yang elok nan permai.

Pantai Sadranan Gunungkidul
Camping bareng teman-teman di Pantai Sadranan. Foto Ig @ikatan.mahasiswa.sumatera
4. Selfie dan fasilitas lain.
Sudah menjadi hal yang sangat penting bahwa spot selfie itu harus ada di tempat wisata, untuk memenuhi hasratmu memposting dan sharing di media sosial tentang betapa kerennya piknikmu. Maka dari itu, siapkan peralatan selfie mu jangan sampai kejadian, kamu disana kehabisan batre. Di Pantai Sadranan Gunungkidul ada berbagai fasilitas hiburan lainya seperti Persewaan Sepeda, Gazebo untuk beristirahat, Payung (untuk ber) teduh, Warung makanan seafood, serta Penginapan  bagi yang ingin menghabiskan malam di pinggir pantai yang berbatasan langsung dengan Australia itu.
Pantai Sadranan Gunungkidul
Spot Selfie di Pantai Sadranan. Foto Ig @mahendrawathi_er
Untuk mencapai Pantai Sadranan Gunungkidul, kamu bisa menggunakan alat tranportasi pribadi baik berupa sepeda, motor atau mobil. Jika malas naik motor karena joknya terlalu licin, kamu bisa cari rentalan atau sewa mobil di jogja yang berharga murah. Tour wisata pantai di jogja, terutama di Gunungkidul ini akan membuatmu tertawa gembira dengan bahagia.

  • Jenis Lokasi : Pantai
  • Wahana : Snorklin, Camping, Dayung, Rafting, Sepedaan
  • Fasilitas : Toilet, Parkir, Mushola, Gazebo,
  • Penginapan Terdekat : Ada
  • Tarif Masuk : 10.000-15.000
  • Tarif Parkir:  Sepeda motor Rp. 2.000, Mobil 5.000
  • Tarif Sewa alat Snorkeling: Rp. 50.000-75.000
  • Jam Buka :  hampir 24 jam
  • Jarak tempuh : +/-  2 jam
Peta Lokasi :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar