Mie Ayam Bu Tumini Jogja

Mie Ayam Bu Tumini Jogja
Mie Ayam Tumini. Foto Ig @javafoodie

Mie Ayam Bu Tumini Jogja

Mie ayam bumbu semur yang nikmat


Yang namanya Mie Ayam, disetiap kota atau desa pasti ada yang jual, betul nggak? dari sabang sampai merauke juga pasti ada yang jual mie ayam. Meskipun berbeda-beda namanya, grobaknya, penjualnya atau rasanya, namanya tetep mie ayam. Tidak ada yang menyatakan bahwa mie ayam itu merupakan makanan khas daerah tertentu, seperti Gudeg dari Jogja, Peuyeum dari Bandung, Empal Gentong Cirebon, Pempek Palembang atau Papeda dari Papua. Nah di Jogja ada satu warung mie ayam yang musti kamu datangi, disamping karena nge-hits, memang dasarnya mie ayam ini enak dan ramai pengunjung. Kenapa enak? Karena memang rasanya yang lezat dan khas, Oleh karena itu banyak yang suka dengan mie ayam ini. Bayangkan, hampir tiap hari warung mie ayam ini mampu menjual kurleb 700 mangkok mie ayam kepada pelanggannya (menurut tribun).

Namanya Mie ayam Tumini, letaknya di sebelah utara Terminal Giwangan, tepatnya didepan SLB Pembina. Masih masuk dalam wilayah administrasi kota Yogyakarta, Kecamatan Umbulharjo, daerahnya namanya Giwangan. Warung ini setiap hari ramai pengunjung bukan main. Tepat disamping warung, ada juga ramai antrian babang ojek yang siap mengantar makanan ini ke pemesan di berbagai penjuru kota. Kami sudah beberapa kali makan disitu, dan masih kepingin makan lagi disitu, terutama kalo ada yang traktir.

Mie Ayam Bu Tumini Jogja
Suasana Warung Mie Ayam Tumini. Foto Ig @geena_79

Suasananya di Mie ayam Tumini gimana sih?

Sebelum kalian kesana, kami beritahu dulu bahwa untuk kesana kalian harus sabar, karena antriannya panjang meski kecepatan menyajikannya patut diacungi jempol, kemudian kalian juga harus agak sedikit mau bersauna didalam warung, karena ngga ada AC atau kipas souvenir nikahan. Di dalam, kamu juga musti mau duduk berhimpitan karena warung Mie Ayam Tumini relatif tidak luas, Daya tampung kurleb 30-40 orang. Namun kamu jangan putus asa, ketika kamu sudah makan Mie Ayamnya, Antrian tiba-tiba mendadak hilang, Panas ruangan sudah terganti dengan panasnya mie ayam didepanmu, dan Duduk berhimpitan akan berasa lebih eksotis dan gayeng untuk menikmati sajian kuliner yang sangat worthed tersebut. Siapa tahu juga sampingmu ada yang cakep, lalu bisa kenalan, kamu bisa minta no wa, fesbuk, tuiter, intagram, tic-tok dll dll lalu terjadilah drama korea. Semoga ya.
Mie Ayam Bu Tumini Jogja
Kekentalan Mie Ayam Tumini. Foto Ig @voilajogja

Apa bener katanya rasa Mie Ayam Tumini itu  enak?

Menurut kami, mie ayam Tumini tergolong enak, pake banget. Bumbu Mie Ayam Tumini, hampir mirip semur, kental namun tidak terasa neg. Mie-nya juga tidak terlalu kenyal, tidak terlalu keras, Pas. Digabung lagi dengan daging ayam bumbu semur + ceker (kalo doyan) yang sama sekali tidak alot lagi. Belum lagi ditambah krupuk, saos dan es teh /jeruk. Aih.. Nikmat sekali. Perpaduan antara Keramaian antrian, ambience ruangan yang panas, Harga yang masuk akal dan Citarasa Mie ayamnya, Menghasilkan Pengalaman Kuliner Mie Ayam yang sempurna. Kenapa kami bilang sempurna, andaikata ruangan warungnya ber-AC pasti akan berbeda kenikmatanya, atau misal jika dibawa pulang akan berbeda pula rasanya dibanding dengan makan di tempat. Jadi kamu memang harus punya niat kuat dan berjuang untuk 'sekedar' makan mie ayam.

Mie ayam Tumini buka dari pagi sampai sore, terkadang kehabisan sebelum sore tiba, jadi kita ga bisa nyiasati supaya bisa makan disana dalam keadaan yang adem. Makan disana emang pas-nya saat jam makan siang, saat panas-panasnya dan saat ramai-ramainya. Harga dari Mie ayam Tumini masih sangat terjangkau, terutama buat kalangan mahasiswa yang pas-pasan untuk makan tapi style borju untuk urusan fesyen (meskipun kadang KW juga dibeli). Harga Mie Ayam Tumini terakhir kami pergi makan kesana bulan mei 2018 :
Makanan
  • Mie Ayam : Rp 10.000
  • Mie Ayam 1/2 Rp : 8.000
  • Mie Ayam Ceker : Rp. 14.000
  • Mie Ayam 1/2 Ceker : Rp 11.000
  • Mie Ayam Jumbo : Rp. 14.000
  • Mie Ayam Jumbo Extra Ayam / Ceker : 18.000
  • Mie Ayam Extra Ayam : Rp 14.000
  • Ceker : Rp. 9.000
  • Sawi Ayam : Rp. 8.000
  • Sawi Ayam Ceker / Extra Ayam : Rp. 11.000
  • Krupuk : Rp 2.000
Minuman
  • Esteh/ Jeruk/Lemon Tea/Susu : Rp 4.000 an
Mie Ayam Bu Tumini Jogja
Menu Mie Ayam Ceker. Foto Ig @pthree_84
Melihat menu tersebut, kita bisa memesan sesuai kebutuhan atau kapasitas perutmu. Mau yang jumbo atau normal. Ga usah malu, pesen aja sesuai kebiasaanmu makan, tak perlu jaim meskipun sedang jalan bareng ama calon istri /suami mu.

Untuk mencapai Mie Ayam Tumini, kamu bisa menggunakan alat tranportasi pribadi baik berupa sepeda, motor atau mobil. Bisa juga menggunakan alat transportasi umum seperti Trans Jogja dengan berhenti tepat di terminal Giwangan. Jika malas naik motor karena parkirnya selalu penuh, kamu bisa juga cari sewa mobil atau naik taksi onlen di Jogja yang berlimpah dan berharga murah. Tour kuliner Mie Ayam Tumini akan membuatmu merasa kenyang, bahagia, puas dan berbangga bisa mengisi perutmu dengan makanan yang berbeda dari biasanya yang sangat-sangat monoton.

Info Tambahan, Jika kamu baru datang dari luar kota dan turun di Terminal Giwangan, trus kamu mau pesan transportasi onlen, Di lokasi depan Mie Ayam Tumini inilah tempat pick-upnya yang aman. Jangan didekat terminal, disana banyak orang-orang yang suka jahil. Jahat? enggak lah ya, cuman mungkin mereka waktu kecil kekurangan ASI. Nah, Mendingan kamu jalan tuh dikit ke mie ayam tumini, kalo kamu belum makan, kamu bisa singgah ke warung ini dulu. Lalu kalo udah selesai, kamu bisa pesan taxi onlen atau ojek online dengan aman, gak bakalan diganggu sama orang-orang yang kekurangan ASI tersebut.

Informasi pendukung di Pantai Sundak Jogja

Jenis Lokasi Warung Mie Ayam
Wahana Pengisian Perut, Usus dan Lambung
Fasilitas Pemesanan Cepat, Loket Khusus Ojol
Penginapan Banyak
Tarif Masuk -
Harga Tertulis Diatas
Area Parkir Sempit Buat Motor, Mobil Di Seberang Jalan
Tarif Parkir 2K Motor, 3-5K/mobil.
Jam buka 09:00-16:00 biasanya jam 14 sudah habis
Jarak Tempuh +/- 15 Menit
Buat Balita Fair

Peta Lokasi :

2 komentar: