Goa Selarong Jogja

Selarong
Air Terjun di dekat Goa Selarong. Foto Ig : @jogjaistimewa

Goa Selarong, Destinasi Wisata Sejarah 

Goa Selarong adalah sebuah tempat di daerah Guwosari, Pajangan, Bantul yang dipergunakan oleh Pangeran Diponegoro sebagai tempat persembunyian saat peperangan melawan Belanda. Tempatnya asri, sejuk, terpencil dan tenang. Saat itu Pangeran Diponegoro terpaksa bersembunyi karena dikejar-kejar oleh Belanda. Di tempat itulah Pangeran Diponegoro menyusun strategi untuk melakukan penyerangan terhadap musuh.

Goa nya kecil tidak seperti Goa Cerme atau Goa Pindul, tetapi pilihan bersembunyi di Selarong saat itu tentu mempunyai beberapa alasan strategis. Ada 2 goa kecil yaitu Goa Kakung, tempat Pangeran Diponegoro dan Goa Putri tempat selir beliau. Ada air tejun kecil di sebelah Goa yang terletak agak di perbukitan itu. Untuk mencapainya kita harus menaiki beberapa anak tangga, meskipun tidak sebanyak Makam Raja-raja Imogiri.

Gua Selarong
Jalan menuju Goa Selarong. Foto IG : @prabanndaruw_
Kini Goa Selarong menjadi saksi sejarah perjuangan Pangeran Diponegoro dalam mengusir penjajah, meski demikian, sekarang Goa itu dirawat dan dipercantik agar masyarakat bisa berkunjung, melihat,  membayangkan dan mempelajari bahwa perjuangan membutuhkan pengorbanan. Saat paling tepat untuk mengunjungi Goa Selarong adalah siang hari pada saat musim penghujan, karena aliran air terjun disamping Goa sedang bagus-bagusnya.

Gua Selarong
Salah satu sudut tempat wisata Goa Selarong. Foto Ig : @putririzka_dewi2203

Kamu boleh berpacaran disini, tapi jangan berbuat mesum lho ya! Disini emang enak suasananya buat berpacaran, tapi karena banyak disalahgunakan akhirnya timbul kesan negatif. Untuk itu, Yuk bareng-bareng dijaga  obyek wisata peninggalan leluhur kita supaya kita bisa mendapatkan manfaat bagi bisnis pariwisata Jogja. Matur Nuwun.
  • Jenis Lokasi : Goa, Air Terjun
  • Wahana : Sejarah
  • Penginapan Terdekat : Tidak Ada
  • Fasilitas : Mushola, Toilet, Warung Makan
  • Tarif Masuk : Tiket Rp. 2.000, 
  • Tarif Parkir 2.000
  • Jam Buka :  08.00-17.00
  • Jarak tempuh : +/-  40 menit
Untuk mencapai Goa Selarong, kamu bisa menggunakan alat tranportasi pribadi baik berupa sepeda, motor atau mobil. Jika sedang malas boncengan karena jok motor jaman sekarang yang terlalu licin, kamu bisa cari rentalan atau sewa mobil di jogja yang berlimpah dan berharga murah. Tour wisata Goa Selarong di jogja ini akan membuatmu tidak akan pernah melupakan sejarah.

Peta Lokasi :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar