Pantai Indrayanti Jogja

Pantai Indrayanti
Pantai Indrayanti Jogja

  Resto Indrayanti di Pesisir Pantai Gunungkidul


Pantai ini sebenarnya bernama Pantai Pulang Syawal, namun lebih dikenal dengan nama Pantai Indrayanti. Karena pada saat belum terkenal, ada sepasang suami istri bernama Pak Indra dan Bu Yanti, membuka usaha rumah makan / resto, tepat di pinggir pantai tersebut, dan hal itulah yang menjadi momen terkenalnya pantai Pulang Syawal tersebut. Meskipun pemerintah setempat sudah berusaha memindahkan image Pantai Indrayanti ke pantai Pulang Syawal atau Pantai Pulsa dengan memasang plang, penunjuk jalan dan tag-tag lainya, namun sepertinya sia-sia. Kaum awam sudah nyaman dengan nama Indrayanti yang lebih enak didengar dan lebih menjual.


Keindahan alamnya menjadi magnet utama yang menarik para wisatawan berkunjung. Pantai Indrayanti memiliki pasir putih bersih dan air laut jernih. Jarang ditemukan sampah, sebab membuang sampah sembarangan akan dikenakan denda. Kondisi ini membuat aktivitas menyusuri pantai semakin menyenangkan. Memang harusnya perlakuan demikian diberlakukan diseluruh destinasi wisata yang ada di Jogja, sehingga pengunjung bisa merasa sangat nyaman, dan kebiasaan buruk turun temurun membuang sampah menjadi tidak ada lagi di lingkungan kita.

Seperti gugusan pantai di pesisir Gunungkidul lainnya, Pantai Indrayanti tidak aman untuk bermain air. Boleh bermain di tepian, tapi jangan sampai ke tengah. Di samping ombaknya cukup ganas, kontur pantai nya beralaskan karang. Sepintas terlihat aman karena banyak ganggang hidup diatasnya, tapi boleh dicoba, kakimu akan terasa sakit jika menginjaknya tanpa alas. Setelah lelah bermain di tepian pantai, Kamu dapat beristirahat di gazebo atau menyewa payung sekaligus menikmati kuliner yang dijajakan. Olahan menu ikan dapat menjadi pilihan yang tepat ketika perutmu terasa lapar. Eh coba perhatikan, keberadaan deretan payung berwarna warni ditepi pantai, mengingatkan kita pada pantai Copacabana di Brazil. Adakah yang sudah pernah ke sana? Paling liat gambar di internet ya? sama donk,

Pantai Indrayanti
Anak-anak bermain di pesisi pantai Indrayanti. Foto Ig : @tikajie
Perbukitan karang sebagai latar belakang menambah kecantikan Pantai Indrayanti. Kamu bisa  melakukan trekking ke puncak bukit sebagai alternatif bermain di sekitar pantai. Jangan takut, tidak berbahaya kok. Dari atas bukit, Panorama indah Pantai Indrayanti akan terlihat sempurna. Jika kamu ingin bermalam, ada penginapan unik yang bangunannya terbuat dari bambu. Penginapan tersebut dinamakan Bamboo Cottage. Cottage yang terbuat dari anyaman bambu, terlihat sangat eksotis, kamu harus mencobanya ketika memutuskan untuk menginap di sana.

Pantai Indrayanti
Pemondokan Bambu di dekat Pantai Indrayanti. Foto Ig : bamboo.lengkung_indrayanti
Pantai Indrayanti terletak di Dusun Ngasem, Desa Tepus, Kab. Gunungkidul, Propinsi DI Yogyakarta. Dekat dengan Pantai Kukup dan Krakal. Berada di sisi timur Pantai Sundak dengan dibatasi bukit karang. Untuk mencapai destinasi wisata jogja yang keren ini, Kamu bisa menggunakan alat tranportasi pribadi baik berupa sepeda, motor atau mobil. Jika kamu malas gowes karena takut gak ada tukang tambal ban di jalan, kamu bisa cari rentalan atau sewa mobil di jogja yang berlimpah dan berharga murah. Tour wisata pantai di jogja, terutama di gunungkidul ini tidak akan membuatmu kecewa.

  • Jenis Lokasi : Pantai
  • Wahana :Trekking,
  • Penginapan Terdekat : Ada
  • Fasilitas : Warung Makan, Resort, Toilet, Mushola
  • Tarif Masuk :10.000-15.000/org
  • Area Parkir : Luas
  • Jam Buka : Hampir 24 jam
  • Jarak tempuh : +/- 2 jam
  • Buat balita : tidak cocok

Peta Lokasi :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar