Museum Ullen Sentalu, Kaliurang

Ullen Sentalu

Museum Budaya Dinasti Mataram, Ullen Sentalu


Museum Ullen Sentalu, terletak di daerah Pakem, Kaliurang, Kabupaten Sleman, adalah museum yang menampilkan budaya dan kehidupan para bangsawan Dinasti Mataram (Kasunanan Surakarta, Kesultanan Yogyakarta, Praja Mangkunegaran, dan Kadipaten Pakualaman) beserta koleksi bermacam-macam batik (baik gaya Yogyakarta maupun Surakarta).Museum ini juga menampilkan tokoh raja-raja beserta permaisurinya dengan berbagai macam pakaian yang dikenakan sehari-harinya.

Nama Ullen Sentalu merupakan singkatan dari bahasa Jawa: “ULating bLENcong SEjatiNe TAtaraning LUmaku” yang artinya adalah “Nyala lampu blencong merupakan petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan”. Filsafah ini diambil dari sebuah lampu minyak yang dipergunakan dalam pertunjukkan wayang kulit (blencong) yang merupakan cahaya yang selalu bergerak untuk mengarahkan dan menerangi perjalanan hidup kita. Museum ini didirikan oleh salah seorang bangsawan Yogyakarta yang dikenal sangat dekat dengan keluarga keraton Surakarta dan Yogyakarta.

Ullen Sentalu
Salah satu sudut Musem Ullen Sentalu. Foto insta @buayabuas

Di Museum Ullen Sentalu, dapat diketahui bagaimana para leluhur Jawa membuat batik yang memiliki arti dan makna yang mendalam di dalam setiap coraknya. Ada juga berbagai sejarah mengenai keadaan budaya Jawa kuno dengan segala aturannya. Keadaan museum yang dibangun dengan baik, mampu membuat pengunjung seperti terserap ke masa Jawa kuno yang mengagumkan.

Ullen Sentalu
Suasana di dalam Museum Ullen Sentalu. Foto Insta @mahendra_ve


Untuk mencapai Museum Ullen Sentalu ini, kamu bisa menggunakan alat tranportasi pribadi baik berupa sepeda, motor atau mobil. Jika kamu sedang malas nyetir karena khawatir tanganmu pegal, kamu bisa cari rentalan atau sewa mobil di jogja yang berlimpah dan berharga murah. Tour wisata budaya di jogja, terutama di daerah Kaliurang ini tidak akan membuatmu kecewa.
  • Jenis Lokasi : Museum
  • Wahana : Objek Sejarah
  • Penginapan Terdekat : Ada
  • Fasilitas : Toilet, Mushola, Rumah makan
  • Tarif Masuk : 30.000-70.000
  • Jam Buka : 08.30-16.00
  • Area Parkir : : Luas dan Gratis
  • Jarak tempuh : +/- 1 jam
  • Buat balita : tidak cocok
Peta Lokasi :




    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar